Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan
banner 30-11-2014

Contoh Susunan Acara Akad Pernikahan

Contoh susunan acara akad pernikahan sengaja saya berikan karena beberapa orang pasti membutuhkannya. Setelah itu baru dilanjutkan dengan acara resepsi pernikahan. Pada dasarnya baik susunan acara untuk akad nikah maupun untuk resepsi pernikahan, tidak jauh berbeda. Intinya ada pembukaan, acara inti dan penutupan.

Susunan Acara Akad Pernikahan & Resepsi yang akan disampaikan berikut adalah susunan acara pernikahan yang biasa ditemukan di daerah Jawa.

Berikut adalah Susunan Acara Akad Pernikahan & Resepsi selengkapnya:

Susunan Acara Resepsi Pernikahan


1. Pembukaan

2. Pembacaan Al-Qur’an, surat yang dibaca hampir sama dengan ketika acara ijab-qobul.

3. Sambutan tuan rumah biasanya diwakilkan kepada anggota keluarga yang tertua atau yang dituakan dikeluarga tersebut. Isi sambutan mengenai ucapan selamat datang, ucapan terima kasih kepada para undangan yang telah bersedia meluangkan waktunya untuk menghadiri undangan, mohon do’a restu terutama untuk kedua mempelai, dan mohon maaf jika kata sambutan kurang berkenan di hati.

4. Sambutan serah terima mempelai perempuan kepada pihak mempelai laki-laki.

5. Sambutan penerimaan mempelai perempuan oleh pihak mempelai laki-laki.

6. Tamu undangan dipersilahkan menikmati hidangan makanan yang telah tersedia.

7. Tausiyah yang disampaikan oleh seorang ustadz.

8. Acara Hiburan

9. Do’a

10. Penutup

11. Para tamu undangan menyalami mempelai sambil mengucapkan do’a dan berpamitan.

Contoh Susunan Acara Akad Nikah

1. Pembukaan dengan mengucapkan Basmalah. Karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam, maka pada pembukaan acara, pembawa acara (MC) akan meminta para hadirin untuk mengucapkan basmalah bersama-sama sebelum memulai acaranya. Setelah membacakan susunan acara, pembawa acara akan mempersilahkan petugas pelaksana acara berikutnya untuk melaksanakan tugasnya.

2. Pembacaan Al-Qur’an. Untuk acara akad nikah atau pernikahan, surat yang dibaca biasanya surat Ar Ruum (QS. 30 : 20-25); surat Annisa (QS. 4 : 34-35); At Tahrim (QS. 66 : 6-8); Al Isra’ (QS. 17 : 23-32).

3. Acara inti ijab dan qobul di pimpin oleh petugas dari KUA

4. Serah Terima Mahar

5. Penandatanganan buku nikah

6. Do’a habis ijab-qobul

7. Tausiyah Pernikahan

8. Penutup

Catatan: Bila acara resepsi pernikahan diadakan di sebuah gedung, biasanya tidak terlalu banyak acara kata sambutan. Pembukaan, acara hiburan, dan tamu datang langsung memberi selamat dan do’a kepada kedua mempelai. Selanjutnya tamu menikmati hidangan makanan dan kalau sudah selesai, tamu undangan pulang.

[Susunan Acara Akad Pernikahan & Resepsi - berbagai sumber]

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :

Baca Juga