Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

Hasil Quick Count Pilkada

Hasil Quick Count Pilkada putaran kedua sudah akan mulai terlihat hasilnya sebentar lagi, namun apakah kalian tahu yang sebenarnya arti dari Quick Count sendiri? Pada postingan kali ini ocimnet akan mencoba memberikan informasi seputar Quick Count terlebih pada berita terbaru pilkada DKI, sebab salah satu sistem ini ada kelebihan serta kelemahannya.

Quick Count adalah metode untuk verifikasi hasil pemilu dengan memproyeksikan mereka dari sampel TPS. Berbeda dari exit poll, pemilih tidak bertanya siapa mereka memilih, proyeksi hasil didasarkan pada hasil resmi dari TPS. Tabulasi suara paralel mirip dengan quick count, tetapi menggunakan seluruh data, bukan sampel contohnya pada Hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta putaran kedua saat ini.

Dibawah ini sedikit informasi tentang perbedaan Real Count dengan Quick Count, mungkin bagi sebagian pembaca sudah mengetahui sebelumnya.
Hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta

Quick Count

  1. Tidak semua TPS dihitung. misal dari 2000 TPS yang diambil hanya dari 200 TPS
  2. Penyelenggara biasanya lengkap dengan tim yang disebarkan ke semua sample TPS
  3. Harga sangat mahal berkisar ratusan juta sampai miliaran, karena sudah termasuk jasa honor untuk SDM.
  4. Hasil cepat diketahui sekitar jam 2 siang, karena hanya sedikit data
  5. Hasil tentu tidak akurat 100% bahkan dibeberapa kejadian seperti di pilkada sumsel dan jatim, data hasil quick count pilkada jawa timur berbeda 180 derajat.
  6. Penyelenggara hanya melaporkan data total, tidak bisa data detail per TPS.
  7. Cocok untuk media massa seperti TV dan calon peserta pilkada.

Real Count

  1. Target semua TPS dihitung, artinya data adalah 100% dari semua TPS, bukan contoh
  2. Penyelenggara quick count hanya menyediakan software dan tim untuk menjaga sistem, sedangkan tim untuk pengiriman data dikirim oleh saksi yang sudah ada
  3. Harga jauh lebih murah karena penyelenggara tidak perlu menyiapkan dan membayar relawan di TPS lain
  4. Hasil 100% biasanya selesai malam hari, ini karena tidak semua saksi bisa kirim sms, ada yang telepon atau masalah sinyal handphone dipedesaan.
  5. Hasil lebih akurat karena data dari semua TPS.
  6. Bisa dicetak data per TPS, per kelurahan dan per kecamatan
  7. Lebih cocok bagi calon peserta pilkada atau KPU atau Help Desk pemerintah kabupaten atau kota serta bisa juga dari kepolisian.

Untuk melihat hasil sementara Hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta versi Media mengapa tidak langsung saja mengunjungi situs dibawah ini agar tidak penasaran.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya dapatkan tentang pengertian Hasil Quick Count Pilkada DKI Jakarta, mudah-mudahan anda semua bisa mendapatkan wawasan baru seputar ilmu pengetahuan.

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :

Baca Juga