Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan
banner 30-11-2014

Tips Cara Merawat Ikan Hias

Ikan Hias pada jaman sekarang banyak orang menyukai terlebih selain merawat mereka juga mengembangbiakan untuk tujuan bisnis. Hobi ini sekaligus mempunyai banyak manfaat bagi seseorang. Selain bisa menguntungkan, mengoleksi hewan ini dikenal sebagai penghilang stres yang sangat baik.

Merawat dan mengembangbiakan ikan hias saat ini terbilang sangat umum, salah satunya ikan mas biasa disimpan di dalam ruangan pada sebuah akuarium atau tangki. Selain ikan mas, ada lagi ikan hias yang sangat populer yaitu ikan koi, ikan ini sangat indah dan menarik untuk kita lihat di kolam atau didalam akuarium. Peternak ikan sering membesarkan mereka di kolam, karena memberikan daya tarik indah disamping suasana kolam dan halaman rumah.

Jika ingin menjadi bagian dari salah satu penggemar ikan hias, kita harus bisa tahu banyak tentang hal tersebut jangan sampai karena hobi musiman. Mereka sama seperti manusia yaitu makhluk hidup, bernapas, makan dan mengeluarkan kotoran. Bagi yang tidak mengetahui bagaimana cara merawatnya mungkin bukan masalah besar, sebab merawat ikan mudah sekali asal kita rutin menguras air serta memberikan makanannya.

Banyak peneliti telah menyimpulkan bahwa lebih dari 80 perseb masalah kesehatan ikan terkait dengan kondisi air yang buruk. Sama seperti makhluk hidup lainnya, ikan hias mengeluarkan kotoran. Kotoran tersebut menghasilkan amonia dan nitrat, merupakan limbah beracun yang dapat mengurangi harapan hidup ikan peliharaan anda.

Tips Cara Merawat Ikan Hias
Images by Picasa Web
Filter akuarium dirumah kita itu mengandung bakteri, maka sangat penting untuk memeriksa dengan rutin kebersihannya. Selain itu pengurasan berkala terhadap air didalam akuarium membantu dalam membersihkan kotoran, sebisa mungkin diganti setiap beberapa hari sekali apabila ukuran kolam kecil.

Memberi makan pun tidak bisa sembarang, ikan harus diberi makan dalam jumlah kecil pada satu waktu. Jangan sampai karena kita suka dengan hewan air, maka kita memberikan terlalu banyak dalam suatu waktu. Kolam atau akuarium jika terdapat banyak makanan yang tidak termakan, maka akan menjadi suatu limbah pada suatu saat bisa berubah menjadi bakteri serta beracun bagi ikan hias.

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :

Baca Juga