Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

Panduan Niat dan Bacaan Doa Shalat Dhuha

Shalat Dhuha merupakan suatu hal yang jika dilakukan mendapatkan berkah sungguh besar manfaatnya, terutama jika dilakukan serta dilaksanakan dengan tata cara yang sudah diberikan oleh Rasulullah SAW sebelumnya.

Abu Daud Ahmad dari Abu Dzar pernah meriwayatkan kedalam sebuah hadits dimana ketika itu Rasulullah SAW pernah berkata kepada kaum muslimin yaitu seperti ini "Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas badanmu pada setiap pagi. Sebab setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh orang lain agar melakukan amal kebaikan adalah sedekah, melarang orang lain agar tidak melakukan keburukan adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu maka cukuplah mengerjakan dua raka'at shalat Dhuha".

Waktu yang baik untuk melaksanakan solat duha yaitu ketika sebelum waktunya zhuhur, namun lebih baik lagi ketika matahari belum naik sampai keatas atau agak terik serta jika dihitung dalam jam sekitar pukul 9 pagi.

Berikut ini adalah sebuah tata cara serta niat dan bacaan doa ketika melaksanakan shalat dhuha tersebut, silahkan anda baca karena ocim sudah melengkapinya dengan gambar agar mudah dibaca.

1. Berniat untuk melaksanakan shalat Sunnah dhuha

أُصَلِّي سُنَّةَ الضُّحَي رَكْعَتَين ِللهِ تَعَاليَ

Ushalli Sunnatadh-Dhuha rak'ataini lillahi ta'alaa, Allahu Akbar

Artinya :
"Aku berniat shalat Sunnah Dhuha dua raka'at karena Allah Ta'alaa.

2. Raka'at pertama, Membaca surah Al-Fatihah dan membaca surah Asy-Syams (QS:91) [membaca Surah Al-Kafirun (QS:109) jika tidak hafal surah Adh-Dhuha].
Panduan Shalat Dhuha - Niat dan Bacaan Doa Shalat Dhuha

3. Raka'at kedua, Membaca surah Adh-Dhuha (QS:93) atau cukup dengan membaca Al-Ikhlas (QS:112) jika tidak hafal surah Adh-Dhuha.
Panduan Shalat Dhuha - Niat dan Bacaan Doa Shalat Dhuha

Catatan :
Rukuk, I'tidal, Sujud, Duduk diantara dua sujud, Tasyahud dan Salam dilakukan sama sebagaimana tata cara pelaksanaan shalat fardhu.

4. Setelah shalat Dhuha bacalah Do'a.
Pada dasarnya do'a setelah shalat Dhuha dapat menggunakan do'a apapun, Do'a yang biasa dilakukan oleh Rasulullah selepas shalat Dhuha adalah :

اللَّهُمَّ إنَّ الضُّحَى ضَحَاؤُك وَالْبَهَا بَهَاؤُك وَالْجَمَالُ جَمَالُك وَالْقُوَّةُ قُوَّتُك وَالْقُدْرَةُ قُدْرَتُك وَالْعِصْمَةُ عِصْمَتُك اللَّهُمَّ إنْ كَانَ رِزْقِي فِي السَّمَاءِ فَأَنْزِلْهُ وَإِنْ كَانَ فِي الْأَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَإِنْ كَانَ مُعْسِرًا فَيَسِّرْهُ وَإِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَإِنْ كَانَ بَعِيدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضَحَائِكَ وَبِهَائِك وَجَمَالِك وَقُوَّتِك وَقُدْرَتِك آتِنِي مَا آتَيْت عِبَادَك الصَّالِحِينَ

Allahumma innad dhuhaa-a dhuha-uka, wal bahaa-a baha-uka, wal jamaala jamaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrota qudrotuka, wal 'ismata 'ismatuka. Allahumma in kaana rizqii fis samaa-i fa-anzilhu, wa in kaana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kaana mu'siron fa yassirhu, wa in kaana harooman fathohhirhu, wa in kaana ba'iidan faqorribhu, bihaqqi dhuhaa-ika, wa bahaa-ika, wa jamaalika, wa quwwatika,wa qudrotika, aatinii ma atayta 'ibaadakas shoolihiin.

Artinya :
"Ya Allah, bahwasanya waktu dhuha itu adalah waktu-Mu, dan keagungan itu adalah keagungan-Mu, dan keindahan itu adalah keindahan-Mu, dan kekuatan itu adalah kekuatan-Mu, dan perlindungan itu adalah perlindungan-Mu.
Ya Allah, jika rezekiku masih di atas langit, maka turunkanlah, jika masih di dalam bumi, maka keluarkanlah, jika masih sukar, maka mudahkanlah, jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, jika masih jauh, maka dekatkanlah, Berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kebesaran-Mu. Limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh".

Sumber diatas ocim dapatkan dari islampenyejukhati.blogspot.com dimana apa yang telah ditulis setidaknya bisa bermanfaat bagi semuanya terutama admin sendiri, sebab dengan melaksanakan shalat dhuha setidaknya bisa melatih diri agar lebih baik serta disiplin dalam waktu.

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :

Baca Juga