Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

5 Jenis Kucing Langka Yang Ada Di Dunia

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :
Tahukah anda jenis kucing yang mulai langka di dunia? Meski termasuk hewan peliharaan yang mudah ditemukan dan hidup sekitar lingkungan manusia, beberapa ras kucing berada di ujung tanduk kepunahan. Mengapa demikian?

Siapa tak ingin memelihara seekor kucing di rumah? Seorang penyayang binatang tentu sangat senang dengan tingkah laku kucing yang lucu dan menggemaskan. Namun, tak semua penyayang binatang memperhatikan ekosistem beberapa ras kucing tertentu. Beberapa diantaranya mengalami penurunan populasi dan terancam punah. Berikut daftar kucing langka di dunia!

Margay Tiger Cat
Nama latin kucing asli benua Amerika ini adalah Leopardus wiedii. Populasinya terdapat sekitar wilayah Amerika tengah dan selatan. Asal-muasal nama Margay untuk menghormati seorang pangeran bernama Maximilian yang berasal dari Wied-Neuwied.
Margay Tiger Cat

Lokasi favorit Margay adalah daerah hutan hujan yang terbentang dari daratan negara Meksiko hingga Argentina. Menurut data IUCN, ras kucing ini mengalami penurunan populasi tajam dan termasuk ke dalam daftar hewan langka yang hampir punah.

Sekilas, ras Margay tampak mirip dengan Ocelot atau lebih dikenal sebagai macan tutul kurcaci, namun kaki dan ekor lebih panjang, mata besar dan kepala sedikit pendek. Panjang tubuh mencapai 48-79 cm, panjang ekor sekitar 33-51 cm serta bobot tubuh seberat 2,6-4 kilogram.

Pallas Cat
Pallas Cat

Nama lain salah satu kucing langka di dunia ini adalah Manul dan populasinya terdapat di kawasan Asia Tengah. Nama latin Manul adalah Otocolobus manul. Pallas sendiri diambil dari orang yang pertama menemukan spesies ini di tahun 1776, yakni Peter Simon Pallas. Bagaimana ciri-ciri fisiknya?

Bagian mata Manul jenis sedikit berbeda dari ras kucing lain, yakni sedikit lebih bulat. Perhatikan bagian kaki, tampak lebih pendek, begitu juga dengan cakar di sela-sela jari. Bagian telinga agak lebar namun posisinya rendah. Keunikan lain Pallas Cat adalah wajah datar yang membuatnya dianggap sebagai nenek moyang kucing Persia, padahal mereka sudah berbeda ras.

Kucing Dahan
Kucing Dahan

Salah satu kucing langka di dunia yang hidup sekitar kawasan Asia Tenggara, bahkan ditemukan sekitar hutan Sumatera dan Kalimantan. Beberapa orang juga menyebutnya sebagai macan dahan. Mengapa demikian? Ras ini pandai memanjat pohon, bahkan sebagian besar waktunya habis di atas pohon, bergerak dari dahan ke dahan.

Bagaimana ciri-ciri fisik kucing dahan? Ukuran tidak terlalu besar, sedang saja dan panjang tubuh bisa mencapai angka 95 cm. Meski pandai memanjat pohon dan melompat diantara pepohonan, kaki kucing dahan ternyata pendek tapi dianugerahi telapak kaki besar.

Lynx
Lynx

Kucing ukuran sedang dengan ekor pendek. Di bagian ujung telinga terdapat sejumput bulu berwarna kehitaman. Dibawah leher terdapat lingkaran bergaris hitam dan tampak mirip dasi kupu-kupu. Lynx berjalan nyaman diatas salju berkat ukuran telapak yang besar, didalamnya terdapat cakar berukuran besar pula. Bobot kucing bisa mencapai 15-30 kg.

Andean mountain cat
Andean mountain cat

Salah satu kucing langka di dunia yang terancam punah, populasinya diperkirakan sekitar 2500 ekor saja. Ukuran tubuh kucing tidak terlalu besar, namun memiliki bulu tebal dan ekor panjang. Bila diperhatikan dengan seksama, terdapat cincin hitam sekitar anggota badan dan ekor. Panjang tubuh kucing bisa mencapai 64 cm dan bobot tubuh mencapai 5,5 kg.
loading...

Baca Juga