Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :
Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami - Asam urat adalah senyawa heterosiklik yang terdiri dari karbon,nitrogen,oksigen,dan hidrogen.Sederhananya,kita bisa menyebut asam urat sebagai limbah makanan yang dikeluarkan saat tubuh memecah zat yang dikenal sebagai purin.Purin ditemukan dalam beberapa makanan seperti hati, kacang kacangan,bir,dll.

Limbah tersebut kemudian terlarut dalam darah dan mengalir keginjal. Lalu dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urin.

Sebetulnya asam urat tidak berbahaya namun jika akhirnya terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan hyperuricemia (suatu kondisi dimana asam urat tidak disekresikan keluar dari tubuh).Bila asam urat menumpuk dalam tubuh,itu akan terakumulasi dalam sendi(terutama kaki dan jari kaki)yang berbentuk kristal yang secara bertahap mengarah keasam urat.Ada banyak cara untuk mengurangi asam urat dari tubuh.Salah satunya dengan memasukkan makanan sehat dalam menu harian Anda.Pastikan Anda memilih makanan yang rendah purin karena dapat membantu Anda menurunkan asam urat dalam tubuh.
Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami

Asam urat merupakan hasil dari pemecahan purin yang didapat baik dari makanan maupun dari tubuh sendiri yang memproduksinya. Diet rendah asam urat bertujuan untuk mengendalikan produksi asam urat dalam tubuh dan membantu meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh. Dalam makanan sehari-hari, jumlah purin yang dikonsumsi sekitar 600-1.000 mg/hari. Diet rendah purin hanya memperbolehkan seseorang mengonsumsi bahan makanan yang mengandung sekitar 100-150 mg purin/hari.

Hindari mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tinggi purin (sekitar 100-1.000 mg purin/100 g bahan makanan) seperti : daging merah, jeroan, roti manis, unggas, daging rusa, seafood (remis, kepah, kepiting, udang, lobster, scallop, ikan-ikan kecil termasuk ikan teri, hering, makarel, sarden).

Batasi konsumsi (masih boleh dikonsumsi, tetapi dalam jumlah terbatas sekitar 1-2 porsi/hari) bahan makanan yang mengandung purin dalam jumlah sedang (sekitar 9-100 mg purin/100 g bahan makanan) seperti jamur, asparagus, kembang kol, kacang-kacangan, kacang kedelai, pisang, nangka, bayam, jagung manis, tauge, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

Bahan makanan yang mengandung rendah purin diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain buah-buahan dan sayuran segar kecuali yang disebutkan di atas, susu, keju, telur, cereal, pasta, mie, nasi, kopi, cokelat, dan lainnya.

Kurangi konsumsi lemak jenuh karena lemak jenuh akan menurunkan kemampuan tubuh mengeluarkan asam urat. Batasi alkohol, bir, ragi, dan minum air putih dalam jumlah cukup karena akan membantu mengeluarkan asam urat dari tubuh.

sumber (health.kompas.com dan Merdeka.com)

Baca Juga