Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

Doa dan Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :
Malam Lailatul qadar yaitu sebuah misteri. Apakah ia wujud, kegiatan, atau keadaan? Hingga saat ini beberapa ulama, cendekiawan, serta ilmuwan muslim tetap berdebat perihal hal semacam itu. Adakah orang di muka bumi ini yg sempat memperoleh lailatul qadar? Kira-kira siapa orangnya? Akankah ia tiba-tiba populer, kaya, maupun saleh. Seluruhnya tetap misterius. Tak ada seseorang pun yg tahu.

Walau sangatlah misterius, yg pasti serta ini mesti dipercaya sama tiap-tiap muslim, bahwasanya lailatul qadar tidaklah mitos, lantaran info ini dengan cara tekstual termaktub pada kitab suci Al Quran yg berisi senantiasa benar. Berarti, lailatul qadar pasti ada serta berlangsung. Pertanyaannya, kapan ia datang? ditunggu kehadirannya maupun kita mesti mengejarnya? Inilah pertanyaan besar di kelompok umat Islam yg sangatlah menginginkannya.

Waktu Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar


Sepuluh malam paling akhir di bln Ramadhan telah tiba. Kelebihan serta sinyal tanda Lailatul Qadar dari diburu sama beberapa umat Islam. Tak mengherankan, lantaran di waktu tibanya malam itu, poin beribadah kandungannya setara dgn mengerjakannya sepanjang 1.000 bln. Sangat besar keutamaan yg dapat didapat saat seseorang muslim lakukan makin bnyk kesibukan beribadah waktu itu.

Tetapi, Allah tak demikian saja mengambil keputusan kapan datangnya malam mulia ini. Umat muslim harus memburunya dgn berbekal info yg di sampaikan sama Nabi Muhammad. Tentunya, malam mulia itu bakal ada di bln Ramadhan.

Walau demikian, Muhammad Rasullah berikan isyarat spesial untuk memudahkan umat Islam memperolehnya. Disebutkan pada suatu hadits Muttafaqun ‘Alaihi yg berumber mulai istri Nabi Muhammad, Aisyah radhiyallahu ‘anha, Lailatul Qadar ada di 10 hari paling akhir Ramadhan.

Malam Lailatul Qadar terjadi pada 1 malam ganjil pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan (Malam ke 21, 23, 25, 27, atau 29): Pendapat yang paling kuat, terjadinya malam Lailatul Qadar itu pada 10 malam terakhir bulan Ramadhan: Aisyah r.a. berkata, “Rasulullah ber’itikaf pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, dan beliau bersabda, ‘Carilah malam qadar pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan. (HR Bukhari dan HR Muslim)

Doa dan Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar
Tanda-Tanda Malam Lailatul Qadar

Oleh karenanya, saran untuk i’tikaf (berdiam diri di masjid sambil melaksanakan ibadah) disarankan di hari-hari paling akhir Ramadhan supaya tak hingga mengabaikan malam ini. Di samping itu, jalankan makin bnyk kesibukan beribadah hingga datangnya 1 Syawal. Sebagian memiliki bentuk yakni memelihara shalat lima saat berjamaah, shalat malam, membaca Al Quran, perbanyak dzikir, serta sering berdoa.

Doa Pada Malam Lailatul Qadar dan Terjemahanya


اللَّـهُـمَّ إنَّكَ عَفُوٌّ تُـحِبُّ العَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Bacaan Doa Pada Malam Lailatul Qadar dalam Bahasa Indonesia
ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ‘ANNII

Terjemahan Doa Pada Malam Lailatul Qadar
"Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha pemaaf dan senang memaafkan, maka maafkanlah kesalahanku."
(HR. al-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad. Imam al-Tirmidzi dan al-Hakim menshahihkannya)
loading...

Baca Juga