Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

Alat Bantu Dengar untuk Lansia dan Beragam Jenisnya yang Dapatkan di Bukalapak

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :
Pendengaran merupakan salah satu indra penting pada manusia. Untuk bisa mendengar maka harus memiliki fungsi yang maksimal. Namun, karena berbagai macam faktor misalnya kecelakaan, karena faktor penyakit lainnya atau karena usia, fungsi pendengaran menjadi menurun sehingga harus mempergunakan alat bantu dengar untuk lansia. Alat bantu untuk mendengar ini dilengkapi microphone amplifier, speaker, baterai dan banyak dijual misalnya di toko online terpercaya yang menjual alat kesehatan.

Ada beberapa jenis alat bantu untuk mendengar yang Anda temui di pasaran atau sekitar Anda. Pertama adalah jenis BTE atau behind the ear atau belakang telinga. Jenis alat bantu untuk mendengar ini adalah yang paling banyak dipergunakan saat ini. Alat bantu untuk mendengar ini memiliki 4 bagian yaitu badan alat bantu yang ada di belakang telinga, tube atau selang kecil yang berfungsi untuk menyalurkan suara yang berasal dari speaker atau receiver ke telinga serta eramould atau bentukan penampang telinga yang masuk ke liang telinga yang bermanfaat untuk muara tube. Keunggulan dari jenis alat bantu hearing loss ini bisa dipergunakan untuk semua derajat gangguan mulai dari gangguan pendengaran ringan hingga ke gangguan pendengaran yang berat.

Alat Bantu Dengar untuk Lansia

Kedua adalah model mini BTE atau on the ear. Model alat bantu untuk pendengaran ini adalah versi kecilnya dari jenis atau model GTE dan digunakan juga di belakang kepala. Bedanya dengan versi BTE adalah ukurannya. Selang atau tube yang digunakan pada mini BTE ini memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga memberikan kenyamanan yang lebih bagus dibandingkan dengan model BTE.

Ketiga adalah model ITE atau in the ear atau dalam telinga. Jenis alat bantu dengar ini dipergunakan di dalam telinga tepatnya menutupi lubang telinga sehingga penggunaannya tidak terlihat jika dibandingkan dengan menggunakan model BTE ataupun mini BTE. Model alat pendengaran ini untuk penderita gangguan pendengaran yang ringan hingga ke berat. Beberapa jenis alat pendengaran model ini ada yang dilengkapi dengan fitur khusus yang disebut dengan telecoil yang bermanfaat untuk meningkatkan pendengaran saat panggilan telepon berlangsung serta sistem microfon yang terarah sehingga menyebabkan penggunanya bisa mendengar suara bahkan di tempat yang gaduh atau ramai.

Keempat adalah model ITC atau in the canal atau di liang telinga. Bisa dikatakan model ini adalah versi kecilnya dari ITE. Walaupun ukurannya lebih kecil namun model alat pendengaran ini hanya untuk yang mengalami masalah pendengaran tingkat ringan hingga sedang. Beberapa jenis model ITC sudah dilengkapi dengan sistem mircofon terarah untuk memudahkan penggunanya menangkap suara di tempat yang ramai. Namun, kekurangan dari jenis alat pendengaran ini adalah rentan terhadap kotoran telinga yang bisa saja menyumbat speaker sehingga fungsinya bisa berkurang.

Kelima adalah jenis CIC atau completely in the canal. Alat bantu dengar untuk lansia ini benar-benar memiliki bentuk yang kecil bahkan lebih kecil dibandingkan dengan model ITC. Pengguna yang menggunakan jenis alat pendengaran ini seolah tidak menggunakan alat bantu untuk mendengar. Jika diperhatikan pada bagian kanal terlihat senar yang berwarna transparan dan jenis alat bantu ini untuk orang yang menderita gangguan pendengaran tingkat ringan hingga berat. Namun, kekurangannya, sama seperti jenis atau model alat bantu untuk mendengar model ITC, alat ini juga rawan terhadap kotoran yang menyumbat bagian speaker sehingga harus dibersihkan secara teratur agar tidak mengurangi fungsinya.


Baca Juga