Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

7 Alasan Mengapa Rumah Kontrakan Lebih Sehat Daripada Sewa Apartement

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :
Apakah Anda sedang mencari daftar rumah kontrakan dan apartemen? Saat mencari hunian untuk disewa, ada dua tipe yang perlu Anda pertimbangkan. Pertama adalah sewa rumah kontrakan, dan yang kedua adalah sewa apartemen. Banyak orang yang merasa bingung ingin tinggal di mana apakah tinggal di rumah ataupun apartemen. Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Akan tetapi, dari segi kesehatan lingkungan, tinggal di rumah kontrakan lebih sehat. Mau tahu lebih detailnya? Mari kita simak bersama sehingga dapat menjadi pertimbangan untuk Anda ketika memilih hunian yang nyaman dan tepat untuk keluarga.

Inilah Alasan Rumah Kontrakan Lebih Sehat daripada Sewa Apartemen

Ada beberapa alasan yang membuat tinggal di rumah kontrakan lebih sehat dibandingkan tinggal di apartemen yang terkenal dengan kelengkapan fasilitasnya. Berikut diantaranya:
  1. Rumah kontrakan lebih luas
    Anda akan mendapatkan hunian yang ruangannya lebih luas ketika memilih tinggal di rumah kontrakan daripada apartemen. Umumnya, apartemen memiliki ukuran yang sempit sehingga untuk keluarga besar kurang cocok. Ada tipe apartemen dengan ukuran yang lebih luas, akan tetapi harganya jauh lebih mahal. Di rumah kontrakan, ada beberapa kamar tidur. Jadi, jika Anda sudah memiliki anak akan lebih nyaman. Anda bisa memilih rumah kontrakan dengan 2 kamar tidur atau 3 kamar tidur dengan disesuaikan pada kebutuhan anggota keluarga.
  2. Memiliki halaman
    Rumah memiliki halaman yang bisa dimanfaatkan untuk menanam aneka tanaman. Tanaman-tanaman tersebut akan membuat udara menjadi bersih dan segar. Hal ini tentunya sangat bagus bagi kesehatan karena Anda dan keluarga bisa menghirup udara segar setiap hari. Berbeda ketika tinggal di apartemen. Karena bertingkat, apartemen tidak memiliki lahan untuk berkebun. Jika ingin menanam tanaman, harus menggunakan pot. Itu pun membutuhkan perawatan yang ekstra.
  3. Ada tempat parkir ataupun garasi
    Tinggal di rumah kontrakan memudahkan Anda untuk memarkir kendaraan. Tak perlu bersusah payah mencari tempat parkir yang letaknya jauh seperti di apartemen. Terkadang, tempat parkir di apartemen pun penuh. Bahkan, ada biaya tersendiri untuk tempat parkir di apartemen. Berbeda dengan rumah kontrakan karena Anda tidak akan dikenakan biaya parkir.
  4. Mudah Bersosialisasi
    Apartemen dihuni oleh kalangan orang pekerja sibuk. Umumnya, mereka hidup dengan prinsip individualis. Mereka jarang bersosialisasi dengan penghuni apartemen lainnya. Namun, ketika tinggal di rumah kontrakan, Anda akan memiliki para tetangga yang lebih ramah. Anda bisa menjalin hubungan baik dengan tetangga. Bersosialisasi juga sangat penting demi kesehatan mental. Anda
  5. Lebih Sejuk
    Lingkungan sekitar rumah biasanya terdapat pepohonan. Anda tak perlu menggunakan AC atau pendingin ruangan saat cuaca gerah. Hal ini berbeda dengan apartemen. apartemen lebih panas karena tidak ada pepohonan di sekitar. Jadi, salah satu solusi untuk mengatasi cuaca panas ialah menggunakan pendingin ruangan. Terlalu lama berada di ruangan dengan AC yang menyala tidak bagus untuk kesehatan.
  6. Lebih Bebas
    Saat tinggal di apartemen, Anda akan melihat adanya penghuni apartemen lainnya yang memandangi Anda dari jendela kamarnya. Ini karena jarak antara ruangan satu dengan yang lainnya sangat dekat. Berbeda saat tinggal di rumah kontrakan yang jarak rumahnya agak berjauhan. Hal ini dapat membuat Anda lebih bebas melakukan berbagai aktivitas. Aturannya pun tidak seketat tinggal di apartemen. Anda tak perlu takut ada security yang memberikan teguran saat Anda melakukan suatu aktivitas tertentu seperti membuat kegaduhan.
  7. Bisa Memelihara Hewan
    Tinggal di apartemen ada aturan bahwa penghuni tidak boleh memelihara hewan peliharaan. Jika Anda pecinta hewan, maka memilih sewa rumah kontrakan adalah hal yang tepat. Anda bisa memelihara hewan apa saja dengan bebas. Misalnya, Anda bisa memelihara ayam, burung, kucing, atau yang lainnya. Untuk melihat yang lainnya, bisa cari kontrakan rumah di halaman ini.
Tips Memilih Rumah Kontrakan yang Nyaman

Setelah mengetahui bahwa tinggal di rumah kontrakan lebih sehat, Anda tentunya harus mengetahui bagaimana cara memilih kontrakan yang nyaman. Ini dia tipsnya.

  1. Pilih yang Harga Sewanya Murah
    Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan ketika memilih rumah kontrakan adalah masalah harga. Memang kontrakan yang murah dengan fasilitas lengkap jarang ada. Setidaknya, rumah tersebut memiliki fasilitas vital itu sudah cukup. Misalnya kamar mandi yang baik, tidak ada genteng bocor dan sebagainya.

    Cara untuk mendapatkan rumah kontrakan rumah ialah lakukan survey terhadap beberapa rumah. Anda harus mengetahui secara langsung bagaimana kondisi rumah tersebut. setelah membandingkan beberapa rumah, Anda bisa menentukan memilih salah satu dari rumah tersebut.
  2. Dekat dengan Fasilitas Umum yang Sering Digunakan
    Saat memilih rumah kontrakan, sebaiknya pilih yang dekat dengan fasilitas umum guna mendukung aktivitas harian Anda. Sebagai contohnya, rumah tersebut dekat dengan sekolah anak, ataupun kantor. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menjangkau tempat-tempat tersebut dengan lebih cepat karena jaraknya dekat.
  3. Dekat dengan Tempat Ibadah
    Jika Anda seorang muslim, pilihlah rumah kontrakan yang letaknya tidak jauh dari masjid. Yang dimaksud ialah Anda bisa menjangkau masjid hanya dengan berjalan kaki. Hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk beribadah sewaktu-waktu. Bukankah memperhatikan ibadah sangat penting?
  4. Perhatikan Lingkungan
    Carilah tempat hunian untuk disewa dengan memperhatikan faktor lingkungan. Anda sebaiknya mencari rumah yang berada di lingkungan aman dan nyaman. Jangan sampai Anda tinggal di lingkungan yang rawan terjadi tindak kejahatan seperti kasus pencurian. Bisa-bisa hal ini membuat Anda tak tenang ketika harus bepergian dan membiarkan rumah dalam keadaan kosong. Selain itu, perhatikan pula kebersihan lingkungan supaya Anda dan keluarga bisa tetap sehat tinggal di sana. Hindari memilih rumah kontrakan yang dekat dengan selokan berbau, tempat pembuangan sampah, ada polusi pabrik dan sebagainya.
  5. Sesuaikan Ukuran Rumah dengan Kebutuhan
    Ukuran rumah kontrakan tentunya bervariasi. Ada yang memiliki dua kamar tidur, tiga kamar tidur dan sebagainya. dalam hal ini, Anda sebaiknya memilih sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, bila Anda baru memiliki satu orang anak, rumah kontrakan yang tidak terlalu luas yang memiliki dua kamar tidur sudah cukup.
  6. Cari Rumah Kontrakan dengan Masa Sewa per 6 Bulan atau 1 Tahun
    Jangan mencari rumah kontrakan yang memiliki metode sewa terlalu lama. Lebih baik pilih per 6 bulan atau per 1 tahun. Dengan begitu, jika Anda merasa tidak betah tinggal di rumah kontrakan tersebut, Anda bisa segera pindah mencari rumah di lokasi baru. Akan tetapi, jika Anda merasa betah tinggal di situ, Anda bisa memperpanjang masa sewa jadi tidak ada masalah.

Anda bisa mendapatkan rumah kontrakan yang sehat dengan menerapkan tips-tips di atas. Mencari rumah hunian tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus memperhatikan faktor kenyamanan karena rumah merupakan tempat untuk berkumpul bersama keluarga. Di situlah Anda bisa melepas rasa lelas setelah seharian bekerja. Jangan sampai Anda mendapatkan rumah yang membuat Anda tak nyaman sehingga tidak betah tinggal di sana. Selamat mencari rumah kontrakan sesuai dengan yang Anda butuhkan.
loading...

Baca Juga