Ocim Blog - Berita Terbaru dan Hiburan

Kenali Gejala Asam Urat Sedini Mungkin Agar Tidak Terlambat

edit post icon Suka artikel ini? Bagikan :
Penyakit asam urat merupakan salah satu bentuk peradangan pada sendi, yang diakibatkan karena tingginya kadar purin dalam tubuh. Oleh masyarakat terdahulu, penyakit ini biasanya banyak disebut dengan penyakit encok. Purin sendiri merupakan kandungan protein dalam tubuh, yang diproduksi oleh tubuh ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung protein. Semakin banyak seseorang mengkonsumsi makanan tinggi protein, maka kadar purin dalam tubuh akan terus meningkat dan penumpukan purin. Penumpukan inilah yang kemudian mengakibatkan timbulnya berbagai macam keluhan atas kesehatan tubuh mereka. Munculnya rasa sakit yang kemudian menyebabkan panas pada bagian persendian. Rasa nyeri pada bagian persendian inilah yang merupakan gejala asam urat, yang memang harus ditindaklanjuti.

Kadar purin pada aliran darah yang menumpuk, akan mengubah asam urat menjadi bentuk kristal yang kemudian akan ditumpuk pada sendi-sendi tubuh dan jaringan lunak tubuh lainnya. Penumpukan Kristal asam urat inilah, yang kemudian akan menimbulkan rasa nyeri pada sendi dan tulang penderitanya. Meskipun kadar purin yang tinggi ini bias dibersihkan oleh ginjal melalui aliran darah, namun jika penumpukan purin terus berlangsung secara terus menerus, maka proses pembersihan pun tidak dapat berjalan dengan baik, terlebih jika ginjal dalam tubuh kita masih dalam kondisi mengeluarkan zat asam yang sedikit.
Penumpukan purin yang mengakibatkan terjadinya penyakit asam urat ini, banyak dialami oleh mereka yang memiliki rentan usia 40 tahun keatas, namun beberapa kasus anak muda dengan usia 20 tahunan pun juga tercatat sebagai penderita asam urat. Berikut ini beberapa gejala yang timbul ketika seseorang terindikasi terserang penyakit asam urat, yang antara lain adalah:

  • Mengalami nyeri sendi secara mendadak.
  • Terjadinya pembengkakan pada sendi dan warna kulit disekitar sendi menjadi kemerahan.
  • Terbatasnya pergerakan pada tubuh, akibat rasa sakit yang muncul pada sendi tersebut.
  • Area sendi yang mengalami nyeri biasanya akan bersuhu panas.
  • Beberapa kasus asam urat dengan kondisi yang parah, penderitanya akan mengalami pembengkakan pada area sekitar sendi yang nyeri.

Untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat ini, maka hal terbaik yang harus kita lakukan adalah menghindari makanan dengan kadar purin yang tinggi. Hindari makanan yang mengandung alcohol dan soda, dimana bahan tersebut memang dikenal mengandung banyak purin. Beberapa sayuran hijau yang mengandung banyak purinpun harus Anda batasi pengkonsumsiannya. Obat-obatan tertentu yang termasuk dalam kategori obat jenis diuretik yang dikonsumsi jangka panjangpun juga dikenal dapat menimbulkan kadar asam urat yang tinggi.

Selain menghindari berbagai jenis makanan serta minuman yang mengandung kadar purin tinggi, untuk mencegah terjadinya pengkristalan asam urat dalam darah ini, akan lebih disarankan bagi kita semua untuk melakukan aktivitas olahraga secara teratur serta mengkonsumsi air putih ataupun air mineral sesuai dengan kadar yang dianjurkan. Dengan aktivitas olahraga inilah kesehatan tubuh secara menyeluruh lebih terjaga.



loading...

Baca Juga